Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis & Doa Berbukanya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis & Doa Berbukanya - Puasa senin kamis, kenapa kita sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa di hari senin dan kamis? Ya karena kita tahu bahwa di hari tersebut segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis di periksa oleh malaikat. Dan kita di sunnahkan untuk melaksanakan puasa sunnah, dan untuk bacaan niat puasa senin kamis akan kami tuliskan lebih tepatnya pada halaman ini.

Banyak sekali hadist yang menjelaskan tentang puasa senin kamis dan diantaranya adalah yang di riwayatkan oleh imam Bukhari, imam Tirmidzi dan Abu Daud. "Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Dalam hadist lain di jelaskan "Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, " Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad).

Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Dan Doa Berbukanya

Namun perlu diketahui juga bahwasanya meskipun puasa di hari senin dan kamis itu pangkatnya sunnah, akan tetapi dalam membaca niatnya itu harus, karena apa? Karena jika berpuasa tanpa niat maka sama saja dengan tidak melaksanakan puasa, jadi kalau di ibaratkan bagaikan kita sehabis buang air besar namun lupa akan ceboknya, begitu pun dengan bacaan doa niat puasa, baik itu puasa senin kamis atau pun doa niat puasa ramadhan.

Untuk pembacaan niat sendiri itu dibacanya dalam hati, namun untuk lafadznya biasa dibaca dengan lisan dan harus dibarengi dengan hati kita. Baiklah kita langsung saja lihat bacaan niat puasa senin kamis yang lengkap dengan tulisan bahasa arab dan latin beserta doa berbuka puasanya yang diterjemahkan kedalam bahasa indonesia dan sunda.

Bacaan Niat Puasa Sunnah Hari Senin


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA
Artinya : Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Lafadz Bacaan niat puasa hari kamis


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA
Artinya : Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Doa buka puasa senin kamis


اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Allaahumma laka shumtu wa 'alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah.
Artinya : Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala

Mudah-mudahan artikel tentang niat puasa senin kamis bisa bermanfaat, Demikian uraian yang dapat kami sajikan kali ini. Pelajari  juga niat puasa ramadhan yang bisa anda hafalkan sebelum pas waktunya tiba.

Advertisement