Hukum Membaca Doa Qunut Dalam Shalat Menurut 4 Madzhab

Advertisement
Advertisement
Hukum Membaca Doa Qunut Dalam Shalat Menurut 4 Madzhab - Berikut ini adalah penjelasan untuk orang-orang yang bertanya-tanya dengan hukuman doa qunut yang dibacakan ketika sholat subuh dan witir, menurut salaf,  menurut sunnah dan juga menurut muhammadiyyah. Disini kami akan membahas hukum qunut dari 4 madzhab.

Yang pertama hukum qunut menurut Syafi’iyyah (Imam Syafi'i). Penganut madzhab imam syafi'i mereka berpendapat bahwa tidak ada qunut dalam shalat witir kecuali ketika separuh akhir dari bulan Ramadhan. Dan tidak ada qunut dalam shalat lima waktu yang lainnya selain pada shalat shubuh dalam setiap keadaan (baik kondisi kaum muslimin tertimpa musibah ataupun tidak, -pen). Qunut juga berlaku pada selain shubuh jika kaum muslimin tertimpa musibah (yaitu qunut nazilah).

Untuk yang kedua yaitu untuk madzhab Malikiyyah (imam maliki). Penganut madzhab imam mailiki mereka berpendapat bahwa tidak ada bacaan doa qunut kecuali pada shalat shubuh saja. Tidak ada qunut pada shalat witir dan shalat-shalat lainnya.

Kemudian hukum ketiga menurut Ulama Hanafiyyah (Imam Hanafi). Disyariatkan qunut pada shalat witir. Tidak disyariatkan qunut pada shalat lainnya kecuali pada saat nawaazil yaitu kaum muslimin tertimpa musibah, namun qunut nawaazil ini hanya pada shalat shubuh saja dan yang membaca qunut adalah imam, lalu diaminkan oleh jama’ah dan tidak ada qunut jika shalatnya munfarid (sendirian).

Lalu yang terakhir menurut Ulama Hanabilah (Imam Hambali). Penganut mandzhab Hanabilah mereka berpendapat bahwa disyari’atkan qunut dalam witir. Tidak disyariatkan qunut pada shalat lainnya kecuali jika ada musibah yang besar selain musibah penyakit. Pada kondisi ini imam atau yang mewakilinya berqunut pada shalat lima waktu selain shalat Jum’at.

Hukum Membaca Doa Qunut Dalam Shalat Menurut 4 Madzhab

Itulah tadi Hukum Membaca Doa Qunut dari pendapat 4 madzhab ulama besar yang bisa dijadikan sebuah referensi. Dan untuk melihat bacaan doa qunut teman-teman bisa dilihat dipostingan kami yang sebelumnya atau bisa di cari dalam kotak penelusuran yang ada diatas postingan.

Advertisement