Doa Niat Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Bulan Ramadhan 2017

Advertisement
Advertisement
Doa Niat Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Bulan Ramadhan 2017 - Di dalam agama islam saya sangat percaya akan hukum, dalil, di perintah, di larang, dan yang paling penting di wajibkan bagi kita selaku generasi yang akan menegakan islam di masa yang akan datang. Islam tidak memberatkan segala hukum malah islam meringankan hukum, jika ada orang berpendapat atau berpandangan bahwa agama islam itu berat orang tersebut sangatlah jahlun(bodoh).

Islam mempunyai kalender khusus yang namanya itu adalah hijriyah kita perlu tau bahwa dalam kalender hijriyah tersebut ada yang di namakan bulan ramadhan di bulan itulah kita semua di perintah untuk berpuasa di bulan tersebut,jika ada orang khusus yang sudah baligh jika tidak mengerjakan puasa di bulan ramadhan maka orang tersebut berdosa hukumnya, adapun aya alqur'annya firman allah dalam al-quran

Yang Artinya: "beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Bacaan Doa Niat Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Artinya

Rasulullah saw bersabda yang artinya "Telah di ceritakan kepada kami Abdullah bin Musa dia berkata, telah mengabarkan kepada kami Hanzhalah bin Abu Sufyan dari ‘Ikrimah bin Khalid dari Ibnu Umar berkata, “Rasulullah saw. bersabda, ‘Islam dibangun diatas lima (landasan); persaksian tidak ada ilah selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji dan puasa Ramadhan,'” (HR. Bukhari – 7, HR. Muslim 20, 21, 22, Tirmidzi 2534, Nasa’i 4915, Ahmad 5414, 5743, 6019)"

Sebagai umat islam kita diwajibkan untuk menjalankan perintahnya dan diantara perintahnya yaitu mengerjakan puasa dibulan suci ramadhan, dan apabila kita mengerjakannya maka kita akan mendapatkan pahala kemudian apabila meninggalkan tanpa ada sebab-sebab yang tidak diharuskannya berbuka sebelum waktu buka puasa tiba maka akan mendapatkan siksa.

Dan berikut dibawah ini adalah bacaan niat puasa ramadhan dan doa berbukanya yang ditulis langsung dengan tulisan bahasa arab dan juga latinnya dilengkapi dengan terjemahan bahasa indonesia sebagai artinya.

Niat Puasa Ramadhan Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Ramadhan Latin
Nawaitu Shauma Ghadin 'An Adaa'i Fardhi Syahri Romadhoona Haadzihis Sanati Lillaahi Ta'aalaa

Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN
Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Semoga dari artikel yang menjelaskan tentang doa niat puasa ramadhan bisa membantu dan bermanfaat bagi sahabat semuanya yang sudah berkunjung ke blog kami. Apabila anda sedang menjalankan puasa namun batal karena hal-hal yang dapat membatalkan puasa maka anda harus mengganti puasa dengan cara puasa ganti atau juga orang lain menyebutkan puasa qadha ramadhan dikemudian hari selepasnya bulan ramadhan telah selesai.

Advertisement