Bacaan Doa Tahiyat Awal / Tasyahud Lengkap Arab Dan Terjemahan

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Tahiyat Awal / Tasyahud Awal Lengkap Arab Dan Terjemahan - Bacaan tahiyat awal ini dilakukan dalam sholat yang berjumlah lebih dari dua rakaat seperti pada sholat magrib (3 rakaat) sholat isya, dzuhur, ashar (4 rakaat), dan untuk sholat subuh atau sholat sunnah tidak memakai tasyahud awal karena hanya berjumlah 2 raka'at saja, namun pada solat subuh diharuskan untuk membaca doa qunut yang memiliki pangkat sunnah muakkad yang artinya sunat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Perlu anda ketahui juga bahwa mengerjakan tahiyat awal ini adalah perkara sunnah dari beberapa bentuk sunnah yang terjadi dan ada pada sholat, kemudian tasyahud awal juga tergolongkan pada sunnah ab'adh yang berarti Adalah sunah yang apabila terlewat atau lupa, tidak membatalkan sholat namun sunah melakukan (bisa ditambal) dengan sujud sahwi, hal tersebut sesuai dengan penjelasan sebagai berikut.

وأبعاض الصّلاة في اصطلاح الشّافعيّة : هي السّنن الّتي تجبر بسجود السّهو

Adapun pengertian tahiyat awal dan tasyahud akhir dalam sholat secara global yaitu duduk setelah sujud kedua pada raka’at kedua. Sedangkan Tasyahud Akhir adalah duduk sebelum salam pada raka’at terakhir. Tata cara tahiyat awal yang benar adalah Duduk dengan melipat kaki kiri, meletakkan pantat di atas kaki kiri, menegakkan telapak kaki kanan serta menghadapkan jari-jari kaki kanan ke arah kiblat. Cara duduk seperti ini dilakukan oleh Imam Syafi’i dan Imam Abu Hanifah.

Bacaan Doa Tahiyat Awal / Tasyahud Lengkap Arab Dan Terjemahan

Berikut ini kami sajikan untuk teman-teman yang mungkin saja bacaannya sudah pada tahu namun lafadza masih agak kurang tahu, maka dari itu kami sengaja berbagi pengetahuan tentang Bacaan Tahiyat Awal yang lengkap dengan tulisan bahasa arab beserta artinya.

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

ATTAHIYYAATUL MUBAAROKAATUSH SHOLAWAATUT TOYYIBAATULILLAAH ASSALAAMU'ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUHU ASSALAAMU'ALAINAA WA 'ALAA 'IBAADIL-LAAHISH-SHOOLIHIINA. ASYHADU ANLAA ILAAHA IL-LALLOOH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLAAH. ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN.

Artinya :
Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad.

Untuk sebuah pengetahuan islam lainnya yuk kita baca tentang doa tahiyat akhir yang lengkap dengan segalanya.

Advertisement